Sebuah sendi sendi atau sisir jari adalah gabungan kayu dilakukan dengan memotong satu set potongan segi empat yang saling melengkapi dalam dua potong kayu, yang kemudian dilem . Untuk memvisualisasikan sendi jari hanya berpaut jari-jari tangan Anda pada sudut sembilan puluh derajat; “. Sendi jari” maka nama Ini lebih kuat dari popor atau lap bersama , dan sering memberikan kontribusi untuk estetika potongan.

Sejarah sendi jari diyakini telah mulai dengan kotak kayu atau peti produk. Sendi jari awalnya dipotong oleh tangan dengan gergaji dan tajam pahat. Di zaman modern mereka dengan mudah dan cepat dibuat dengan gergaji meja atau router dan jig atau fixture, yang dapat toko-dibuat atau dibeli dari toko peralatan khusus woodworking. Sebuah jig sendi jari biasanya terdiri dari pagar bergerak dengan pin pengindeksan yang digunakan untuk merata ruang keluar pemotongan. Pagar ini pindah pisau pemotong membuat potongan yang kemudian pindah pin pengindeksan sehingga memotong berikutnya dapat dibuat.

Meskipun relatif mudah untuk membuat menggunakan pembuatan komputer dibantu, meja melihat atau router kayu dengan jig sederhana, beberapa masalah umum meliputi:

  • Merobek di sisi belakang
  • Jika menggunakan meja melihat, bagian atas sendi mungkin tidak benar-benar rata, tergantung pada set gigi pisau
  • Spasi masalah dan panggilan kesulitan dalam indeks yang tepat

Kekuatan dari sendi jari berasal dari kontak berurat panjang untuk berurat panjang antara jari-jari, yang menyediakan permukaan pengeleman padat. Jumlah titik kontak permukaan juga memungkinkan untuk menempelkan lebih sebagai lawan bersama pantat atau rabbet bersama.

Sementara jarak dari sendi jari sebagian besar keputusan estetika, itu umumnya kurang dari atau sama dengan ketebalan dari bahan yang bergabung. Misalnya, orang mungkin memutuskan 1/8 “jari pada 1/4” bahan kecuali panjang dari permukaan kawin cocok lebih baik untuk sebuah “sendi jari, yang akan tampak kurang” 1/4 sibuk “untuk mata.

Meskipun sendi jari biasanya merata spasi, bukan hal yang aneh untuk woodworkers untuk bereksperimen dengan berbagai jarak antara luka.

Sendi jari adalah sendi yang paling umum digunakan untuk membentuk potongan panjang kayu dari papan yang kokoh, hasilnya adalah jari-jointed kayu.

Sendi jari juga bisa menjadi berharga saat memperbaiki meja dan kursi dan juga dapat digunakan dalam hal-hal seperti papan lantai, atap kayu dan konstruksi pintu. Ini juga digunakan dalam teknologi desain untuk siswa. Sendi jari akan sulit untuk membuat tanpa alat yang tepat.