Gypsum adalah sangat lembut mineral sulfat terdiri dari kalsium sulfat dihidrat, dengan rumus kimia CaSO 4 · 2H 2 O. Hal ini ditemukan dalam alabaster , batu dekoratif yang digunakan di Mesir Kuno . Ini adalah mineral yang paling lembut kedua pada skala Mohs kekerasan mineral . Membentuk sebagai evaporite mineral dan sebagai produk hidrasi anhidrit

Kata gipsum berasal dari bahasa Yunani gypsos γύψος kata, “kapur tulis” atau “plester”. Karena gipsum dari tambang dari Montmartre distrik Paris telah lama dilengkapi gipsum bakaran digunakan untuk berbagai tujuan, bahan ini telah disebut plester dan Paris .

Gypsum dikenal dalam bahasa Inggris Lama sebagai spærstān, tombak batu, mengacu pada proyeksi kristalnya. (Jadi, tiang kata dalam mineralogi adalah dengan cara dibandingkan dengan gipsum, mengacu pada setiap mineral non-bijih atau kristal yang terbentuk dalam proyeksi spearlike.) Pada awal abad kesembilan belas itu dianggap sebagai pupuk hampir ajaib. Petani Amerika sangat ingin memperolehnya bahwa perdagangan penyelundupan yang ramai dengan Nova Scotia berkembang, sehingga apa yang disebut “Perang Plester” tahun 1812.

Gypsum ini cukup larut dalam air (~ 2,0-2,5 g / L pada 25 ° C)  dan, berbeda dengan kebanyakan garam lain, pameran kelarutan retrograde, menjadi kurang larut pada suhu tinggi. Ketika kisi kristal dipanaskan kehilangan molekul air cair penguapan dan dengan demikian soliditas keuntungan. Adapun amhidrit , kelarutan dalam larutan saline dan di air asin juga sangat tergantung pada NaCl konsentrasi.
Kristal gipsum yang ditemukan mengandung air anion dan ikatan hidrogen .

Gypsum terjadi di alam sebagai diratakan dan sering kembar kristal dan massa cleavable transparan yang disebut Selenite . Selenite tidak mengandung signifikan selenium , melainkan kedua zat yang dinamai kata Yunani kuno untuk Bulan .

Selenite juga dapat terjadi dalam bentuk yang halus berserat, dalam hal ini yang biasa disebut tiang satin. Akhirnya mungkin juga butiran atau cukup kompak. Di tangan berukuran sampel, dapat dimana saja dari sebelumnya transparan menjadi buram. Berbagai putih atau berwarna ringan yang sangat halus dari gips disebut alabaster , dan dihargai untuk bekerja hias berbagai jenis. Di daerah kering, gipsum dapat terjadi dalam bentuk bunga seperti, biasanya buram, dengan butir pasir tertanam disebut gurun naik . Gypsum membentuk beberapa kristal terbesar yang ditemukan di alam, hingga 11 meter panjang, dalam bentuk Selenite.

Advertisements