Desain untuk rumah kayu dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu rumah kayu klasik dan rumah kayu modern. Jenis yang klasik biasanya hanya terdiri dari satu lantai, dengan desain sederhana seperti pondok atau gazebo.

Jenis rumah kayu modern biasanya banyak terinspirasi desain rumah beton modern, tetapi materialnya diganti dengan kayu. Kebanyakan bangunan kayu modern terdiri atas dua lantai atau lebih, dan ukurannya pun terasa lebih luas.

Rumah kayu kini menjadi salah satu model rumah yang diminati. Tujuannya adalah menghadirkan suasana alam yang asri dirumah, meskipun lokasi wilayahnya berada di perkotaan yang padat. Itu merupakan cara pemilik rumah untuk merasakan suasana pedesaan.

Ditengah kekacauan iklim akibat pemanasan global, rumah kayu adalah pilihan tepat. Warna kayu yang alami dengan urat dan tekstur yang khas, akan memantulkan cahaya yang menciptakan efek visual yang unik, menarik, dan tentunya alami.

Desain rumah kayu pada prinsipnya sama saja dengan rumah standar. Bedanya, unsur estetika pada rumah kayu lebih ditonjokan. Material kayu amat mendukung nilai estetis, karena keberadaannya akan terlihat dominan dibandingkan rumah lain di sekelilingnya. Konsep rumah kayu pun dibedakan berdasarkan panel dindingnya. Ada yang memakai panel tunggal (single panel), dan ada yang ganda (double panel).