Agar tetap awet, semua barang tentu butuh perawatan.? Tak terkecuali dengan kusen pintu dan kusen jendela rumah. Apalagi, lokasi kusen jendela upvc yang kebanyakan ada di luar ruangan menyebabkan kusen pintu upvc kerap tertimpa panas matahari, debu, dan tampias hujan.

Kusen jenis kayu sebelum dipasang, kayu tersebut harus berlapis antirayap. Selain itu, kayu juga harus di-coating alias diberi lapisan tahan jamur. Kalau warna kayunya mulai kusam, maka tinggal dilakukan pengecatan ulang. Tapi cat yang digunakan bukan sembarangan cat. Pilihlah cat kayu yang tahan terhadap segala cuaca.

Perawatan kusen kayu sejatinya tergantung dari jenis kayu. Ada dua jenis kayu yang biasa digunakan di rumah. Untuk kelas atas, kayu kamper Samarinda dan kayu jati bisa menjadi pilihan. Di pasar kelas bawah? ada kayu kamper Medan, Kamper Singkil, Meranti.

Agar tidak merusak inti kayu kelas atas, Anda sebaiknya menggunakan cat duco yang tahan lama. Setelah kusen terpasang, jangan lupa membubuhkan lapisan anti rayap. Sedangkan perawatan untuk kusen berbahan kayu kelas bawah lebih sulit karena minimal memerlukan pelitur. Pengecekan rutin juga harus dilakukan untuk mencari retak yang terjadi di kayu. Jika retak, Anda bisa menambalnya dengan dempul.

Jadi kebutuhan rumah tangga harus dirawat mengingat fungsinya yang penting. Mengenai alat rumah tangga yang lain misalnya untuk lampu mati kita membutuhkan mesin genset, atau pipa di rumah rusak, kita membutuhkan pipe distributor.