Dahulu kala di negara kita tercinta ini kayu jati sangatlah mudah untuk di dapatkan. Dibeberapa daerah terdapat hutan jati yang memang tumbuh secara alami. Namun beberapa tahun terakhir ini kayu jati menjadi barang yang mahal. Peningkatan nilai jati ini baik dari segi prestise juga meningkatkan permintaan terhadap kayu jati.
Orang tentunya akan sangat bangga bila mempunyai kursi, meja yang terbuat dari kayu jati apalagi bila Pintu rumahnya terbuat dari kayu jati berkualitas tinggi penuh dengan ukiran yang indah, siapa yang tidak bangga?
Untuk mencerminkan dan agar orang tahu bahwa itu adalah kayu jati biasanya kayu jati tidak dicat tetapi hanya di plitur tujuannya adalah agar bentuk pola kayu tersebut bisa nampak dengan jelas ini juga merupakan nilai tambah.
Orang memang mengakui keunggulan kayu jati antara lain:
1. Kuat, kayu jati memang jauh lebih kuat dan lebih berat bila dibandingkan beberapa jenis kayu lain. karena kuat ini bahkan dipercaya rayap tidak akan mau memakan kayu jati
2. Kokoh, Kursi, meja bahkan pintu yang terbuat dari kayu jati akan lebih kokoh tidak mudah rusak dan reot. seorang teman yang menggunakan kayu jati sebagai pintu mengklaim, Pintunya terbuat dari kayu jati lebih kokoh dan tidak mudah berubah bentuk.
3. Awet. kayu jati di kenal lebih awet bila dibandingkan dengan jenis kayu lainya, perabot yang terbuat dari kayu jati dipercaya akan awet, tidak reot meski telah berusia puluhan tahun.
4. Prestise, kayu jati memang terkenal mahal sehingga akan mencerminkan kondisi ekonomi si empunya perabot.
demikian berbagi infomasi kali ini, saya sendiri memang percaya bila kayu jati memang memiliki berbagai keunggulan dibanding kayu lain dalam hal kekuatan. Kayu jati juga cenderung lebih berat bila dibandingkan kebanyakan kayu pada umumnya